Rabu, 29 November 2017

HUBUNGAN KEKERABATAN MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup yang terdapat di bumi ini sangat beraneka ragam. Berbagai macam spesies makhluk hidup memiliki kedekatan hubungan karena memiliki persamaan ciri - ciri yang dimilikinya. Taksonomi merupakan cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup. Hubungan kekerabatan makhluk hidup dapat dengan mudah diketahui jika kita sudah memahami ilmu tentang klasifikasi makhluk hidup.

Contoh yang dapat membantu kita semua untuk memahami makhluk hidup akan disajikan.
1. Perhatikan gambar di bawah ini!
 Hubungan kekerabatan makhluk hidup di atas yang paling dekat adalah 2 dengan 3 karena keduanya memiliki persamaan ciri yang banyak, antara lain : memiliki kelenjar susu, memiliki rambut ditubuhnya, jantung beruang 4, berdarah panas serta memiliki peredaran darah tertutup. Oleh karena itu kedua hewan tersebut masuk ke dalam kelompok kelas Mamalia.

2.  Perhatikan gambar di bawah ini!
Hubungan kekerabatan makhluk hidup di atas yang paling dekat adalah Burung dengan Ayam karena keduanya memiliki persamaan ciri yang banyak, antara lain : Berdarah panas, memiliku penutup tubuh berupa bulu ditubuhnya, jantung memiliki 4 ruang, serta memiliki tulang yang berongga. Oleh karena itu kedua hewan tersebut masuk ke dalam kelompok kelas Aves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar